PADANG, METRO – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk melanjutkan komitmennya mendukung pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas masyarakat melalui wirausaha atau entrepreneurship. Salah satunya melalui program rintisan sebagai terobosan teranyar dan sangat menarik yaitu program Aku Saudagar Muda.
Program Aku Saudagar Muda diciptakan untuk mencetak pengusaha-pengusaha muda sejak dini. Dalam program ini, BNI mengajak para siswa dari berbagai SMA atau SMK di Kota Padang.
Program yang dilaunching dari Februari 2019 yang lalu dan sudah berakhir di November 2019 dengan ditandai dengan penyerahan hadiah dan piagam kepada pemenang program di Hotel Inna Mura Padang. Untuk pemenang 1 diraih oleh Ririn Amelia dari SMKN 2 Padang mendapatkan hadiah 1 unit Laptop, piagam dan paket data.
Sementara untuk pemenang 2 diraih oleh Suryanita dari SMKN 2 Padang dan Muhammad Fajri dari SMKN 3 Padang. Masing-masing mendapatkan smarthphone dan paket data selama satu tahun. Dan untuk pemenang ketiga ada 10 orang. Mereka mendapatkan hadiah paket data selama satu tahun dan piagam.
Wakil Pemimpin BNI Wilayah Padang, Iwan Affandi menjelaskan bahwa bagi generasi milenial, kreativitas yang terlatih sejak dini menjadi modal utama kemandirian generasi muda pada saat dewasa. Justru itu, program Aku Saudagar Muda ini ajang untuk mengenal dan memahami dunia wirausaha sejak dini.
“Dengan program ini diharapkan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif dan juga mampu menangkap peluang serta sudah mengetahui bagaimana jadi wirausaha,” ujarnya.
Dalam kegiatan ini, Pemimpin BNI dan Asisten II Pemko Padang, Hermen Peri beserta para puluhan siswa SMA dan SMK mengikuti program Aku Saudagar Muda yang digagas oleh BNI Wilayah Padang.
“Saat ini Indonesia membutuhkan jiwa muda dalam menggerakkan roda ekonomi dan usaha yang penuh dengan tantangan globalisasi. Sehingga jiwa dan rasa itu tentu harus ditumbuhkan sedari dini,” tukas Hermen Peri.
Kegiatan ini memang merupakan program belajar sekaligus praktek berjualan (reseller) bagi siswa SMA/SMK atau sederajat. Mereka akan menjual produk-produk milik pelaku usaha yang dibina dan dikembangkan RKB Padang.
Sebelum aktif menjadi reseller, para siswa sebelumnya mengikuti pelatihan dan pendampingan yang dilakukan langsung oleh para pelaku usaha melalui kelas inspirasi, pengetahunan dan keterampilan.
Pada kesempatan yang sama, Rumah Kreatif BUMN Padang yang diprakarsai BNI juga mengadakan pelatihan untuk UMKM binaan dengan tema, “Strategi Pemasaran UMKM melalui Media Sosial”.
Kegiatan ini diikuti oleh 90 peserta UMKM. Pelatihan ini merupakan salah satu perwujudan kerjasama Dirjen Pajak melalui Kanwil DJP Sumatera Barat dengan BNI. (heu)