PADANG, METRO – PT Bank Negara Indonesia (BNI) (Persero) tbk Kantor Wilayah (Kanwil) Padang menggelar kegiatan nongkrong interaktif (nongki) bersama kaum milenial Kota Padang, Selasa (3/9) di Ibis Hotel, Padang.
Nongki yang digelar dengan menggandeng BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Padang ini, diisi dengan dialog interaktif dengan nuansa santai dan penuh canda. Bahkan, peserta nongki yang terdiri dari anak-anak muda ini, terlihat begitu menikmati dengan hiburan musik, dengan lagu genre anak muda.
CEO BNI Wilayah Padang, S Hidayat Safwan, mengatakan, kegiatan nongki bersama kaum milenial ini, sebagai bentuk apresiasi BNI kepada pelanggan dan nasabah, khususnya generasi muda.
“Kemajuan suatu Bangsa itu, tergantung kepada anak mudanya. Jadi BNI mensupport seluruh kreativitas anak muda yang ada di Sumbar,” ujarnya.
Kaum milenial identik dengan dunia teknologi informasi (IT). Karena mereka merupakan generasi muda yang hidup di era industri 4.0. Hidayat menyadari tantangan tersebut. Karena itu, BNI menjadikan IT merupakan suatu aspek yang harus dikembangkan.
“BNI sudah mengantisipasinya, dengan menggunakan IT untuk pelayanan kepada nasabahnya. Seperti pembukaan rekening, pengajuan fasilitas pinjaman dan lainnya. Semuanya dilakukan dengan menggunakan IT. Nasabah tidak harus datang ke kantor BNI lagi, tapi dapat menggunakan aplikasi melalui smartphone yang ada di masing masing nasabah,” terangnya.
Dengan adanya berbagai program berbasis IT ini, BNI terus gencar melakukan sosialisasi dan promosi kepada komunitas anak-anak muda yang ada di Kota Padang. “Termasuk juga ke sekolah-sekolah,” ungkapnya.
Bahkan, untuk mendorong kreativitas generasi muda di Sumbar, pada 7-8 September 2019 nanti, BNI akan menggelar rembuk komunitas. Melalui kegiatan ini, BNI memfasilitasi anak-anak muda menyalurkan kreativitasnya secara positif.
Sinergi dengan HIPMI Kota Padang
Nongki interaktif bersama milenial yang dilaksanakan malam itu, BNI menggandeng HIPMI Kota Padang. Hidayat menilai, HIPMI Kota Padang yang merupakan wadah berhimpunnya pengusaha muda di Kota Padang yang perlu diperkuat. Karena itu, BNI akan sinergi dengan HIPMI.
“Kita perkuat HIPMI. Jika HIPMI membutuhkan pelatihan-pelatihan terkait entrepreneurship. Baik itu pelatihan dari sisi managerial dan pengetahuan keuangan, kita siap men-support-nya,” ujarnya.
Ketua HIPMI Kota Padang, M Roxas mengakui, organisasi yang dipimpinnya saat ini sangat menginginkan sentuhan dari perbankan. Pasalnya, mereka yang tergabung di HIPMI ini, merupakan pelaku UKM yang baru mulai merintis usahanya.
“Kami pasti membutuhkan sentuhan dari Bapak Angkat. Salah satunya BNI. Kami sangat terima kasih kepada BNI menggandeng dan support HIPMI. Program CSR dari BNI bisa disinergikan dengan program HIPMI ke depan,” harapnya.
Roxas mengungkapkan pada Kepengurusan HIPMI Kota Padang saat ini, sudah bergabung 65 anggota. Mereka banyak menjalankan usahanya di sektor UKM, perdagangan, kuliner dan pendidikan serta pedagang besar.
“HIPMI Kota Padang sudah menjalin kerjasama yang baik dengan BNI selama ini. Sebagian dari Anggota HIPMI Kota Padang adalah nasabah BNI,” ungkapnya.
Ke depan HIPMI Kota Padang dengan merancang kerjasama lagi dengan BNI melalui program CSR-nya. Salah satunya, adalah dengan membuat kampung sadar wisata kreatif di Kota Padang. “Walikota Padang menginginkan Kota Padang menjadi daerah wisata kreatif. Kita siapkan program kampung sadar wisata kreatif. Rencananya di Bukit Gado-gado dan akan libatkan BNI,” harapnya. (fan)