SUDIRMAN, METRO – BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh melakukan kunjungan ke RSUD Adnan WD Payakumbuh dalam rangka melihat kepuasan peserta program JKN-KIS di RSUD Adnan WD. Peserta JKN-KIS mengaku senang dikunjungi pihak BPJS Kesehatan.
Salah seorang peserta JKN-KIS yang sedang dirawat, Witayusda mengaku senang dan bangga bisa dikunjungi pihak BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh. Menurutnya, pelayanan BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan sudah bagus dan memuaskan. Bahkan, dirinya mengaku sangat terbantu dengan adanya kartu JKN-KIS.
”Kami senang bisa dikunjungi BPJS Kesehatan. Pelayanan sampai saat ini baik. Dengan adanya kartu JKN-KIS yang saya miliki ini, dengan mudah saya mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Di sini saya dilayani dengan baik,” sebut Witayusda.
Wanita asal Tanjung Kaliang, Nagari Sungai Kumayang yang didampingi suaminya itu, sudah sejak tiga hari lalu dirawat di RSUD Adnan WD Payakumbuh. Dia bersyukur, bisa menyampaikan berbagai masukan dan kendala yang dihadapinya sebagai peserta program JKN-KIS Penerima Bantuan Iuran (PBI) Pemerintah.
Staf Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Rahmat Kurniawan dan Wardatil Hayati petugas PIPP BPJS Kesehatan bersama Martina Murtilova, menyampaikan bahwa pihaknya melakukan cek terhadap kepuasan peserta JKN-KIS terhadap pelayanan peserta JKN-KIS dirumah sakit. Ini menunjukkan kalau petugas pemberian informasi dan pengaduan peserta (PIPP) dirumah sakit sudah berjalan maksimal.
”Kita selalu melakukan kunjungan lapangan untuk melihat langsung kepuasan peserta JKN-KIS terkait pelayanan. Karena memang kita terus memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Sebab validasi terkait kartu kepesertaan program JKN-KIS ini memang sangat penting,” sebutnya.
Bagian Pelayanan RSUD Adnan WD Payakumbuh yang mendampingi pihak BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Novriani Indah, Amd, RM menyebut bahwa kunjungan pasien setiap hari terus ramai. Pelayanan RSUD sudah sesuai standard pelayanan yang ada.
Dia juga menyebut, untuk Peserta Program JKN-KIS dengan adanya petugas SIPP di RSUD Adnan WD sangat membantu. Karena sebutnya, hampir setiap hari ada saja kartu peserta JKN-KIS mengalami kesalahan sehingga harus dilakulan validasi. Meski begitu pelayanan kesehatan kepada peserta tetap dilakukan.
”Hampir setiap hari ada saja kesalahan data akibat tidak valid antara KTP dan kartu BPJS Kesehatan,” katanya. (us)