PARIAMAN, METRO – Wali Kota Pariaman H Genius Umar, kemarin, melihat lebih dekat tentang Smart Card Madani dan Mall Pelayanan Publik Kota Pekanbaru. “Karena itu kita sekarang melihatnya,” kata Walikota Pariaman, Genius Umar, kemarin, didampingi Kepala PMPTSP Kota Pekanbaru dan Kadiskominfo Kota Pekanbaru serta pejabat lainnya.
Genius Umar mengungkapkan ucapan terima kasih kepada Walikota Pekanbaru Firdaus telah meluangkan waktunya dihari libur ini. Dari banyak kunjungan kerja ke beberapa kota, kunjungan hari inilah pelajaran yang berharga dan sangat luar biasa.
“Sebab, ilmu yang saya dapat dari Pekanbaru ini sepertinya bisa diterapkan di Kota Pariaman. Alhamdulillah, pertemuan kami dengan Pak Walikota Firdaus di luar ekspektasi saya. Karena apa yang disampaikan beliau dalam membangun Kota Pekanbaru sangat mudah dipahami. Beliau sangat detail menjelaskan bagaimana membangun Pekanbaru,” ungkap Genius Umar.
Genius Umar juga menceritakan keberangkatannya ke Pekanbaru yang juga didampingi Kepala Diskominfo, Kepala DPMPTSP dan pejabat esselon III dan IV karena semangat ingin belajar agar Kota Pariaman bisa lebih maju layaknya Kota Pekanbaru dalam membangun Smart City dan pelayanan publik terbaik.
Sementara itu Walikota Pekanbaru Firdaus menyampaikan untuk melakukan inovasi hal dilakukan pertama kali adalah merubah pola pikir aparatur pemerintahan.
“Agar ASN Kota Pekanbaru bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, untuk itu kami bikin Smart Card Madani. Smard Card Madani ini bekerja sama dengan Bank BNI Kota Pekanbaru, dimana kartu ini berfungsi sebagai data diri ASN yang memuat data kependudukan, data pegawai dan data rekening,” terangnya.
Kartu ini digunakan untuk data kehadiran pegawai saat dikantor, dan bisa juga berfungsi sebagai Kartu ATM saat mau mengambil uang atau debet saat berbelanja, bahkan juga bisa sebagai pengganti KTP saat lupa membawa KTP.
“Sekarang Smart Card Madani kita dikembangkan untuk masyarakat, dan kedepan akan berfungsi sebagai satu kartu untuk semua urusan,” tambah Firdaus.
“Setelah Aparatur pemerintah dibenahi, maka kita lakukan inovasi dalam memberikan pelayan kepada masyarakat melalui Mal Pelayanan Publik (MPP). MPP ini merupakan pelayanan satu atap dimana melayani seluruh urusan masyarakat, sebagai contoh, Pelayanan Perizinan, Samsat, Kependudukan, Perbankan, PLN dan masih banyak lainnya,” terang wako. (efa)