MEDAN, METRO – Setelah hadir dan melayani ribuan perjalanan setiap harinya, Grab didukung oleh PT Angkasa Pura II, resmi meluncurkan layanan GrabCar Airport di tujuh bandar udara (bandara) di Sumatera, salah satunya Bandara Internasional Minangkabau di Sumatra Barat, Kamis (11/7).
Peluncuran ini diharapkan dapat menggenjot jutaan pengunjung baik dari dalam dan luar negeri ke berbagai kota di seluruh Pulau Sumatera. Mulai dari opsi transportasi yang aman dan nyaman dari dan menuju bandara, kemudahan pembayaran, hingga keuntungan lainnya yang dapat dinikmati saat berada di bandara seperti berbagai manfaat dari kategori ‘Travel’ di GrabRewards.
Melalui kerja sama strategis dengan PT Angkasa Pura II, Grab menjadi perusahaan ride-hailing pertama yang secara resmi bekerja sama dengan otoritas ketujuh bandara di Sumatera. Ini dimaksudkan untuk memudahkan mobilitas serta untuk memberikan opsi transportasi yang aman dan nyaman bagi wisatawan dan masyarakat setempat.
Ketujuh bandar udara tersebut adalah Bandara Internasional Kualanamu Medan, Bandara Internasional Silangit Tapanuli Utara, Bandara Internasional Sultan Badaruddin II Palembang, Bandara Internasional Radin Inten II Bandar Lampung, Bandara Internasional Minangkabau Padang, Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dan Bandara Silampari Lubuklinggau.
Peluncuran layanan GrabCar Airport di tujuh bandara di Sumatera dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi, Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba, Arie Prasetyo, Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT. Angkasa Pura II, Ituk Herarindri dan President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata.
Proses peresmian ini juga disaksikan oleh para mitra strategis pariwisata di terminal kedatangan Bandara Internasional Kualanamu Medan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, industri pariwisata Indonesia perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai dan bandara sebagai gerbang masuk pengunjung baik dalam maupun luar negeri.
“Oleh karena itu, saya yakin dengan komitmen Grab untuk mendukung sektor pariwisata Indonesia dengan menghadirkan GrabCar Airport di banyak bandara di Indonesia bisa menjadi solusi yang memberikan kemudahan akses para pengunjung untuk berwisata maupun kunjungan bisnis,” katanya.
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menambahkan, integrasi transportasi merupakan unsur penting dalam perkembangan dan pertumbuhan ekonomi yang merata di Indonesia termasuk di Sumatera Utara. Oleh karena itu, ia sangat senang kehadiran GrabCar Airport di Bandara Kualanamu dan Silangit serta bandara lainnya di Sumatera.
“Semoga ini dapat melengkapi sistem transportasi Indonesia sekaligus memberikan pilihan transportasi yang aman, nyaman serta dengan harga yang terjangkau. Para pengunjung yang tiba di bandara dapat dengan mudah melanjutkan perjalanannya hanya dengan mengakses aplikasi Grab,” harap Edy.
Sementara itu, Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin menyatakan, sebagai operator bandara kelas dunia, Angkasa Pura II terus berusaha memberikan layanan prima yang memenuhi standar keamanan, keselamatan, dan kenyamanan namun tetap sesuai dengan aturan yang berlaku.
“Kerja sama ini menjadi bentuk nyata usaha kami dalam meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh pengguna jasa di 16 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura II. Kami percaya bahwa kemudahan akses transportasi online di tujuh Bandar Udara Internasional di Sumatera dapat menjadi nilai tambah dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pengunjung. Kami juga percaya bahwa layanan GrabCar Airport akan membantu mobilitas pengguna jasa bandara dengan lebih baik,” tuturnya
President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menjelaskan, kepercayaan serta dukungan Kementerian Pariwisata dan Angkasa Pura terhadap Grab untuk menyediakan layanan transportasi online secara resmi di 14 bandara di Indonesia merupakan bukti nyata dari peran perusaaan itu dalam mempromosikan pariwisata Indonesia kepada jutaan wisatawan. Kemudian, menawarkan pengalaman wisata yang nyaman dan aman.
“Kami ingin terus berkontribusi untuk meningkatkan pengalaman wisatawan dengan layanan transportasi yang mudah, rekomendasi wisata dan makanan lokal dan keuntungan lainnya yang dapat dinikmati wisatawan. Selain itu kami berharap dengan kehadiran layanan GrabCar Airport di 14 bandara di Indonesia dapat mendorong ekonomi lokal termasuk meningkatkan pendapatan mitra pengemudi Grab di kota-kota ini,” pungkasnya. (u)