POLIKO, METRO – Guna mewujudkan pelayanan prima kepada peserta program JKN-KIS diwilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh meliputi Kota Payakumbuh, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Lima Puluh Kota, petugas BPJS Kesehatan mendatangi RS untuk berdialog langsung dengan pasien rawat jalan peserta program JKN-KIS.
Pasien yang berobat di RS Ibnu Sina Payakumbuh yang berdialog dengan petugas BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, tampak senang dan bangga bisa menyampaikan langsung berbagai persoalan yang menjadi tanda tanya peserta selama ini. Dari sejumlah pasien rawat jalan yang ditanya rata-rata mengaku puas dan senang dengan adanya program JKN-KIS.
”Kami sangat terbantu sekali dengan adanya program JKN-KIS ini. Saat sakit kami tidak lagi berfikir panjang atau khawatir lagi terkait biaya rumah sakit. Saat ini cukup dengan membawa kartu JKN-KIS, kami sudah mendapatkan pelayanan dari fasilitas kesehatan dan Rumah Sakit,” sebut salah seorang peserta JKN-KIS Mandiri asal Andaleh, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Erison (65) ketika berobat di RS Ibnu Sina, Payakumbuh, Selasa (7/5) kepada wartawan.
Hal serupa juga disampaikan Nurlen (61), dirinya mengaku terus bolak balik masuk rumah sakit untuk mendapatkan perawatan akibat sakit asma yang dideritanya sejak lama. Bahkan dirinya pernah dirawat di rumah sakit setiap tiga bulan sekali. Rutinnya Nurlen berobat kerumah sakit tentu membutuhkan biaya sangat besar.
”Saya sudah dua tahun terakhir ini tidak lagi pernah dirawat di RS. Penyakit asma yang saya derita sudah mulai membaik. Dulu sebelumnya saya hampir sekali tiga bulan masuk rumah sakit. Dan biaya sangat mahal. Maka sejak tahun 2013 silam saya putuskan menjadi peserta program JKN-KIS. Alhamdulillah sejak itulah kesehatan saya terjamin dan kini hasilnya saya sudah sejak dua tahun terakhir ini tidak pernah dirawat lagi, dan pelayanan, obat baik saat jadi pasien umum maupun JKN-KIS saya rasakan sama saja,” ucapnya senang dan bersyukur setelah menjadi peserta JKN-KIS kesehatannya merasa terjaga dan dijamin.
Baik Erison maupun Nurlen, berharap agar program BPJS Kesehatan ini terus ditingkatkan. Menurutnya pemerintah sudah tepat memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakatnya baik kecil, remaja, muda dan tua. Karena selama ini sebut keduanya banyak masyarakat tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan akibat tidak memiliki biaya untuk berobat.
Kabid SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Pujo Setyaji dan Staf Komunikasi Publik, Rahmat Kurniawan mengaku mendapatkan masukan dari masyarakat terkait pelayanan BPJS Kesehatan kepada peserta. Begitu juga terkait mendapatkan pelayanan kesehatan di tingkat Fasilitas kesehatan dasar dan rumah sakit.
”Kita langsung berdialog dengan peserta program JKN-KIS dilokasi pelayanan kesehatan. Alhamdulillah semuanya bangga dan bersyukur bisa menjadi peserta JKN-KIS, sehingga tidak khawatir lagi saat berobat dirumah sakit soal biaya. Kemudian peserta juga senang dengan pelayanan BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan baik di tingkat dasar maupun rujukan,” sebut Pujo Setyaji didampingi Rahmat Kurniawan. (us)