Tidak hanya dari hasil penelitian, Aqil yang juga seorang peserta JKN pernah merasakan secara langsung manfaat dari Aplikasi Mobile JKN saat membantu orang tua daftar antrean online di rumah sakit. Menurut Aqil, BPJS Kesehatan telah menunjukkan peran nyata dalam komitmennya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada peserta JKN. “Orang tua saya punya penyakit tekanan darah tinggi dan perlu kontrol rutin di rumah sakit. Jadi, saya juga pernah membantu orang tua saya untuk daftar antrean online di rumah sakit melalui Aplikasi Mobile JKN saja dan fitur ini sangat membantu karena kami tidak perlu repot-repot menunggu lama di rumah sakit,” tutur Aqil.
Selain itu, Aqil juga mengapresiasi BPJS Kesehatan yang telah membantu ia dalam mengakses layanan kesehatan yang berkualitas saat mengalami kecelakaan pada tahun 2021 yang lalu. Beruntungnya, dengan kepesertaan aktif BPJS Kesehatan Aqil bisa mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus memikirkan beban biaya pengobatan yang besar. “Saya sangat bersyukur telah menjadi peserta JKN karena waktu umur 19 tahun, saya pernah jatuh dari sepeda yang membuat gigi saya patah, mengalami luka-luka dan perlu dijahit. Saya kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan dan semua biayanya dijamin oleh BPJS Kesehatan,” jelas Aqil.
Bagi Aqil dan keluarga, menjaga kesehatan itu penting, namun memiliki jaminan kesehatan dari Program JKN merupakan hal yang lebih penting dan harus dimiliki oleh seluruh masyarakat. Dengan memiliki jaminan kesehatan, maka masyarakat tidak perlu khawatir lagi memikirkan biaya ketika membutuhkan pelayanan kesehatan. “Saya sudah merasakan sendiri secara nyata manfaat dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, saya berharap semoga inovasi ke depannya bisa semakin mempermudah peserta JKN dan BPJS Kesehatan bisa terus meningkat pelayanannya,” ucap Aqil.
Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Defiyanna Sayodase menyambut baik dan mengapresiasi hasil penelitian Aqil yang semakin memperkuat pentingnya digitalisasi dalam layanan Program JKN. BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus menyempurnakan fitur-fitur dalam Aplikasi Mobile JKN agar lebih ramah pengguna, inklusif dan adaptif terhadap kebutuhan peserta JKN.
“Kami senang sekali mendengar bahwa Aplikasi Mobile JKN memberikan dampak nyata bagi peserta JKN. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan memastikan layanan Program JKN bisa diakses dengan mudah dan cepat oleh seluruh peserta JKN,” ujar Defiyanna. (uus)




















