Disdukcapil juga memastikan ketersediaan blangko e-KTP untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
“Blangko e-KTP adalah elemen penting dalam pelayanan administrasi kependudukan, mendukung keamanan data dengan teknologi canggih serta mewujudkan sistem yang modern dan efisien. Saat ini, stok blangko yang tersedia sebanyak 668 keping,” tambahnya.
Untuk meningkatkan aksesibilitas layanan, seluruh wilayah diminta terus mengoptimalisasi strategi jemput bola. Salah satu inovasinya adalah menghadirkan pelayanan langsung dalam kegiatan Car Free Day (CFD) dengan melibatkan berbagai stakeholder.
Langkah ini bertujuan mendekatkan layanan administrasi kepada masyarakat, sehingga mereka dapat mengurus dokumen penting tanpa perlu datang ke kantor Dukcapil.
“Kami terus berupaya menghadirkan pelayanan yang proaktif dan masif. Melalui program jemput bola seperti di Car Free Day hingga menghasilkan 57 layanan kependudukan, dan ini membuktikan bahwa masyarakat dapat mengurus dokumen kependudukan dengan lebih mudah dan efisien di mana saja,” ujar Besri.
Dukcapil Sumbar berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan melalui inovasi digital dan memperluas jangkauan layanan.
Diharapkan, upaya ini akan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, mewujudkan pelayanan administrasi yang cepat, mudah, dan terjangkau. (fan)
