Selain itu, setiap harinya petugas BPJS Satu juga akan memonitor informasi display tempat tidur dan jadwal operasi di rumah sakit untuk memastikan informasi tersebut benar dan bisa diakses oleh peserta JKN. Kemudian, petugas BPJS Satu juga akan mengonfirmasi kepada peserta JKN terkait fasilitas kesehatan yang tersedia di rumah sakit.
“Petugas BPJS Satu juga akan mengonfirmasi kepada peserta JKN yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit terkait layanan fasilitas kesehatan yang diterima, mulai dari ruang peawatannya apakah sudah sesuai dengan hak kelas peserta, kondisi ruang perawatan, apakah obatnya rutin diberikan dan apakah terdapat biaya tambahan yang diminta oleh rumah sakit. Petugas BPJS Satu juga akan menilai respon peserta JKN terhadap kualitas pelayanan yang dirasakan selama berada di rumah sakit, serta akan mensosialisasikan penggunaan NIK atau KTP saat mengakses kanal layanan kesehatan dan mengajak peserta untuk mendownload Aplikasi Mobile JKN dan,” ujar Defiyanna.
Menurut Defiyanna, hasil dari kunjungan petugas BPJS Satu tersebut nantinya akan menjadi bahan evaluasi bersama antara BPJS Kesehatan dan rumah sakit dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN. Defiyanna menjelaskan hadirnya petugas BPJS Satu di rumah sakit, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan membantu semua kebutuhan peserta saat mengakses pelayanan kesehatan.
Sementara itu, Wina Oktavia (40), salah satu peserta JKN yang sedang dirawat inap di RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh mengaku senang dikunjungi oleh petugas BPJS Satu. Ia mengatakan banyak memperoleh informasi terbaru dan bisa bertanya tentang hal-hal yang belum ia ketahui terkait Program JKN.
“Saya senang mendapatkan kunjungan dari petugas BPJS Satu karena selama ini saya punya beberapa pertanyaan yang membuat saya kebingungan. Namun, petugas BPJS Satu telah menjelaskannya dengan baik sehingga saya paham, bahkan saya mendapatkan informasi terbaru terkait kemudahan dalam mengakses kanal layanan lewat Aplikasi Mobile JKN dan penggunaan NIK atau KTP saat ingin berobat,” ungkap.
Wina juga mengaku bahwa ia merasakan kemudahan layanan saat pengurusan administrasi. Ia mengaku jika petugas di rumah sakit selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan kepada peserta JKN yang datang berkunjung untuk berobat. “Saya mengalami gejala peradangan saluran empedu dan saya sudah dirawat di sini selama 5 hari. Selama dirawat di sini, saya tidak pernah menemui kendala, bahkan saya dilayani dengan baik, ramah dan memuaskan oleh tim medis,” ucap Wina.
Melalui petugas BPJS Satu, Wina menyampaikan harapannya kepada BPJS Kesehatan agar selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Wina mengaku, BPJS Kesehatan telah banyak membantu ia sekeluarga saat membutuhkan pelayanan kesehatan. “Hadirnya BPJS Kesehatan sudah banyak membantu dan memberikan kemudahan bagi kami sekeluarga, saya berharap semoga Program JKN terus berlanjut. Kualitas pelayanan dari BPJS Kesehatan semakin hari juga semakin maju, di tambah dengan hadirnya petugas BPJS Satu yang selalu siap sedia membantu peserta JKN yang membutuhkan,” pungkas Wina. (uus)
















