“Hingga tanggal 1 September 2023 cakupan kepesertaan JKN yang mencapai lebih dari 262,74 juta jiwa atau 94,60 persen dari total seluruh penduduk, yang merupakan bukti nyata dari upaya bersama untuk menghadirkan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Pemanfaatan layanan kesehatan yang signifikan oleh peserta JKN pada tahun 2022 dengan 502,8 juta kunjungan adalah pencapaian luar biasa. Ini mencerminkan kepercayaan yang semakin tinggi dari masyarakat Indonesia terhadap Program JKN,” ujar Yessy.
Yessy mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran manajemen fasilitas kesehatan dan semua pihak yang telah berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan Program JKN. Kolaborasi ini adalah tonggak keberhasilan dalam menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik untuk seluruh masyarakat Indonesia.
Pada kegiatan ini, BPJS Kesehatan juga memberikan apresiasi kepada fasilitas kesehatan yang berkomitmen dalam meningkatkan mutu pelayanan JKN tahun 2023. Untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdapat beberapa kategori, mulai dari dokter praktik perorangan, dokter gigi, puskesmas, dan terakhir kategori klinik pratama.
Sedangkan di tingkat Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) terdapat kategori klinik utama, rumah sakit kelas D, rumah sakit kelas C, rumah sakit kelas B, serta rumah sakit kelas A.
Selain itu juga terdapat pengumuman pemenang dari Lomba Video Transformasi Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan Tahun 2023. Diantaranya, FKRTL di tingkat KC, Tipe A RSJ HB Saanin, Tipe C RSU Bunda, Tipe D Tamar Medical Center, Klinik Utama BKIM sumbar
Kemudian, FKRTL di tingkat Kedeputian Wilayah, Juara 1 FKRTL Kategori Klinik Utama (BKIM Sumbar), Juara 2 FKRTL Kategori Rumah Sakit tipe D (Tamar Medical Center), Juara 1 FKRTL Kategori Rumah Sakit tipe C (RSU Bunda Padang), Juara 1 FKRTL Kategori Rumah Sakit Tipe B (RS Universitas Andalas) dan Juara 1 FKRTL Kategori Rumah Sakit Tipe A (RSJ HB Sa’anin).
Dengan adanya kegiatan yang dapat memberikan manfaat ini, Yessy berharap dapat menggugah fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi para JKN. “Melalui kolaborasi BPJS Kesehatan bersama seluruh fasilitas kesehatan dan stakeholder terkait, siap membangun masa depan kesehatan Indonesia yang lebih cerah melalui pelayanan yang mudah, cepat, dan setara. Bersama kita ciptakan masyarakat Indonesia yang sejahtera dan berdaya saing,” tutup Yessy. (cr2)















