Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan, makers akan berkontribusi besar bagi pendapatan negara. Hal ini yang melatarbelakangi lahirnya Gerakan Bangga Kreasi Lokal yang bertujuan mendorong masyarakat Indonesia untuk lebih bangga menggunakan kreasi lokal.
“Melalui ajang ini kami berharap para makers bisa diapresiasi di negeri sendiri,” kata dia. Sementara itu Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kemenperin Gati Wibawaningsih, di sisi lain menyatakan, Makerfest selama ini telah memberdayakan makers, salah satunya melalui kegiatan edukasi untuk menghadapi tantangan dan menciptakan peluang, termasuk dalam hal strategi bisnis, branding, pemasaran dan permodalan.
“Ini tentunya sejalan dengan visi kami untuk mendorong Industri Indonesia menjadi Industri yang berdaya saing,” tambahnya. Tokopedia bersama beberapa Kementerian terkait melakukan deklarasi ‘Bangga Kreasi Lokal’ bersama.
“Selaras dengan campaign kami tahun ini #MulaiAjaDulu dan Makerfest, maka Tokopedia akan mulai memberlakukan ‘Jumat Lokal Bareng’ dimana Tokopedia akan melakukan gerakan menggunakan kreasi lokal ke kantor setiap hari Jumat,” imbuh William. (mg9/jpnn)















