PADANGPANJANG, METRO – PT. PLN Persero Rayon Padangpangpanjang, deklarasikan sistem pelayanan Same Day Servis atau pelayanan satu hari penyambungan jaringan baru dan penambahan daya listrik. Hal tersebut diungkapkan General Maneger PT. PLN Wilayah Sumbar Susiana Mutia, diluncurkannya program itu merupakan langkah memperluas jangkauan pelayanan pelanggan. Deklarasi same day service ini merupakan yang ke 7 di PLN Wilayah Sumbar. Selain di Kota Padangpanjang, sistem pelayanan itu juga sudah dilakukan di sejumlah daerah.
”Program same day service ini mengutamakan layanan satu hari tambah daya dan pasang baru dan pelanggan premium. Artinya, program ini sudah menjadi berkomitmen dan menjadi standar pelayanan PLN. Kita menargetkan total 32 rayon yang ada di Sumbar akan menerapkan layanan ini,” sebut Susiana Mutia sekaligus menandatangi naskah pendeklarasian sistem same day servis di halaman PT.PLN (Persero) Rayon Padangpanjang, Selasa (4/12). Banyak keunggulan dalam penerapan same day service itu, sebut Susiana lagi, program tersebut merupakan upaya PLN dalam melayani dan memudahkan kebutuhan listrik masyarakat.
”Untuk implentasinya sistem ini, kita terus berkoordinasi dengan semua pihak agar dapat mendukung program ini demi memaksimalkan kebutuhan energi listrik pelanggan. Semoga kita dapat melaksanakan program ini dgn lebih baik dan tentunya kami pun mengharapkan doa serta dukungan masyarakat,” ujar Susiana.
Sementara Manager PLN (Persero) Rayon Padangpanjang, Sofyan mengungkapkan, terdata ada 40.0026 ribu pelanggan di Padangpanjang. dari juhmal tersebut 12, 997 ribu telah menggunakan rekenging listrik prabayar dan 27.029 masih menggunakan rekenging pasca bayar.
”Penggunaan sistem pra bayar atau pembayaran secara elektrik sangat memberikan keuntungan dan kemudahan bagi pelanggan dalam pemakaian listrik. Pelanggan bisa mengontrol penggunaan energi untuk lebih efektif serta hemat,” tegas Sofyan.
Perubahan sistem pascabayar ke pra bayar, Sofyan menilai, belum semua pelanggan masih berada dimasa transisi dan belum memahami system dan cara penggunaannya. ” Petugas dilapangan terus berupaya memberikan pemahaman dan pengertian pada pelanggan untuk pindah ke pra bayar. Artinya, system ini merupakan system transparansi PLN pada pelanggan sekaligus menutup adanya permainan petugas dilapangan,” sebut Sofyan.
Ketika ditanyakan apa kuntungan pelanggan dari same day servis tersebut, Sofyan menjelaskan, ada banyak keuntungan terutama bagi pelanggan premium. Bagi pelanggan premium, PLN telah menyiapkan beck up energy sebagai penyuplay di saat ditemukannya kendala atau dalam kondisi urgensi.
”Bagi pelanggan premium tidak akan mengalami pemadaman listrik dalam waktu lama karena ada kita sudah siapkan energy penyuplay. Sementara itu, untuk tagihan listrik hanya mengalami perbedaan 55 rupiah per kilonya wact nya,” sebut Sofyan seraya menyampaikan, program ini dapat didukung penuh oleh stokeholder dan Pemerintah di Padangpanjang.
Terpisah Walikota Padangpanjang, Fadly Amran, menyampaikan apresiasinya pada perusahan listrik itu atas inovasi yang dilakukan dalam memaksimalkan pelayanan pada masyarakat.
”Saat ini tanpa energi listrik, semua aktifitas akan lumpuh, pembangunan akan terkendala dan mengakibatkan banyak kerugian. Kita sangat mendukung program same day servis yang diterapkan PLN. Insyaallah, Kantor Walikota akan menjadi pelanggan premium dan sejumlah instansi akan kita jadikan pelanggan premium,” sebut Fadli Amran. (rmd)