PDG.PARIAMAN, METRO – Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengaku sangat bangga inovasi layanan yang dihadirkan Dinas Dukcapil Kabupaten Padangpariaman. “Inovasi dan semangat melayani seperti itu lah yang saat ini diperlukan untuk mengejar percepatan dan peningkatan kualitas layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk),” kata Dirjen Ducapil Kemendagri Zudan Arif Fakruloh, kemarin.
Ia suka dengan cara berpikir, semangat melayani yang tak pernah lelah, berani bertindak yang keluar dari kelaziman dan cara memilih solusi dari Dinas Dukcapil Padangpariaman.
Dari segi penampilan, kantor Dinas Dukcapil Padangpariaman yang dikepalai Muhammad Fadhly ini dinilai Zudan terlihat fungky dan ceria. Mulai dari front office, fasilitas layanan, hingga petugas pelayanan.
Mulai dari petugas front office, Zudan mengatakan pelayanan front office terlihat modern bergaya kekinian. Petugas front office juga dapat langsung berinteraksi dengan masyarakat face to face.
Berbagai fasilitas layanan juga disediakan. Mulai dari sistem antrian elektronik, layanan mandiri, layanan kacamata baca, layanan khusus disabilitas/ibu hamil/ibu menyusui, alat survey pelayanan elektronik, dan e-toilet.
Selain itu, juga pelayanan pengaduan berbasis aplikasi android Tamasya (Tampek Mangadu Masyarakat), layanan antrian berbasis android Satria (Pesan Antrian Anda), layanan android cek status KTP-el, serta aplikasi Dukcapil Ceria Padangpariaman yang dapat didownload di Google Playstore.
“Inovasi pelayanan seperti AlpaBeta (anak lahir pulang bersama akta) bekerjasama dengan rumah sakit swasta dan pemerintah, layanan jemput bola Pedang Saber, Kadoku KTP-el bagi siswa SMA atau wajib KTP Pemula, Ajek (antar jemput dokumen kependudukan, Dukcapil Weekend Service, Dukcapil Mitra Pos, Dukcapil Mitra PMI, pembangunan Gerai Gerai Dukcapil untuk daerah terpencil dan rumah sakit, serta Pak Yan (paket layanan/layanan terintegrasi)”, urai Zudan menjelaskan deretan inovasi Dinas Dukcapil Padangpariaman.
Baru-baru ini, lanjut Zudan, Dukcapil Padangpariaman membangun Dukcapil media center yang disebut PRISMA DUKCAPIL (Pusat Riset Statistik dan Manajemen Data Dukcapil) untuk pemanfaatan data bagi instansi lain.
Sementara itu, untuk pembinaan pegawai, Dukcapil Padangpariaman meluncurkan Bu Papri (Buku Panduan Prilaku) yang menjadi acuan bagi petugas pelayanan dalam melayani masyarakat. “Saya sengaja menyusun daftar inovasi dan perubahan-perubahan mendasar di tiap kab kota untuk memudahkan replikasi. Uda Muhammad Fadhly terus berkarya maju terus dan jangan pernah menyerah,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni menyatakan, warga Padangpariaman yang mengurus dokumen kependudukan dan catatan sipil, tak perlu lagi direpotkan untuk menjemput berkas tersebut ke kantor Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).
“Karena, Pemkab Padangpariaman melakukan terobosan dengan menjalin kerjasama dengan PT Pos Indonesia. Warga cukup menunggu di rumah begitu berkas lengkap diserahkan. Karena, pengiriman dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran dan lain sebagainya akan dikirim via pos,” ungkapnya.
Ali Mukhni meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariamn agar terus tingkatkan inovasi untuk kemajuan daerah dan masyarakat.
“Saya sebagai Bupati Padangpariaman sangat mendukung inovasi yang dilakukan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Padangpariaman. Kita juga meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk mencontoh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Padangpariaman dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” tambahnya.(efa)