AIA PACAH, METRO–Siap-siap, bagi para pencari kerja yang ingin menjadi Aparatus Sipil Negara. Pemko Padang membuka peluang bagi CPNS sesuai klasifikasi dan kuota dari pusat. Untuk tahun ini, untuk kuota CPNS hanya 118 orang dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 12 orang.
Selain itu, untuk guru, semua statusnya Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Jumlahnya mencapai sebanyak 476 orang.
”Kuota CPNS Pemko untuk formasi di OPD teknis adalah sebanyak 118 dan 12 orang. Namun, yang 12 orang statusnya PPPK. Selain itu, ada lagi sebanyak 476 orang terdiri dari guru dengan status PPPK,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemko Padang, Arfian, Minggu (23/5).
Pengumuman CPNS ini akan diumumkan secara resmi oleh BKPSDM Pemko Padang pada 4 Juni 2021 nanti. Sementara pendaftaran seleksi online dimulai dari tanggal 4-21 Juni. Sejalan dengan itu, dari tanggal 4-30 Juni dilakukan seleksi berkas administrasi calom peserta yang mendaftar.
“Dan pengumuman hasil seleksi administrasi ini dilakukan pada 30 Juni,” ungkap Arfian.
Selain itu, untuk pelaksanaan SKD dengan sistem CAT BKN adalah adalah dalam rentang waktu bulan Juli sampai September 2021.
Bagi masyarakat yang berminat ikut seleksi CPNS agar bisa mendaftar secara online nantinya melalui situs https//sscasn.bkn.go.id/. Selain itu, pencari kerja yang tertarik, disarankan untuk mempersiapkan diri sebelum pembukaan pendaftaran. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi saat melakukan pendaftaran serta juga menyiapkan diri untuk menjalankan tes.
Sejumlah dokumen yang perlu disiapkan saat melakukan pendaftaran adalah Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah, Transkrip Nilai, Pas Foto, dan dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang dituju termasuk SKCK.
Sementara itu, untuk tahapan seleksi CPNS sebenarnya tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun. Salah satunya seleksi administrasi berada pada laman sscn.bkn.go.id. Masyarakat diharuskan mendaftar dulu sebelum mendapatkan kartu pendaftaran. Setelahnya akan diminta mengunggah sejumlah dokumen yang akan diverifikasi. (tin)
