PDG.PARIAMAN, METRO – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman Muhammad Fadly hingga kini terus meningkatkan kualitas pelayanan dinasnya. Semua itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kependudukan dari dinasnya.
Apalagi dinasnya setiap hari ramai dikunjungi masyarakat, karena kebutuhan administrasi kependudukan ini terus membenahi prosedur untuk kelancaran pelayanan dan memberikan ruang dan pilihan-pilihan bagi masyarakat.
“Mulai dari fasilitas pengiriman via pos ke rumah sampai kepada penjemputan dokumen ke klinik yang sudah bekerjasama dan ke puskesmas-puskesmas dalam layanan Alpa Beta (Anak Lahir Pulang Bersama Akta),” kata Muhammad Fadly, kemarin.
Baru baru ini katanya, ia telah membuat layanan untuk masyarakat lansia. Dinasnya, telah memberikan prioritas pelayanan kepada lansia agar mereka tidak kesulitan, karena faktor usia.
“Ya, kita berusaha meningkatkan pelayanan dengan menciptakan hal-hal baru untuk kemudahan bagi masyarakat. Salahsatunya ini,” ujarnya.
Fadhly menjelaskan bahwa banyak hal-hal yang perlu diciptakan untuk membuat perubahan-perubahan dalam pelayanan yang telah modern saat ini. Kemudah-kemudahan apapun harus dicoba untuk dijalankan, dari situ kita bisa belajar untuk terus meningkatkan modelnya, prosedurnya dan fasilitasnya dari waktu ke waktu.
Sementara itu, Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni menjelaskan bahwa Disdukcapil terus dituntut untuk melakukan pembenahan walaupun dengan fasilitas yang terbatas.
“Disdukcapil harus kreatif dan inovatif untuk menciptakan model-model pelayanan yang memudahkan dan memberikan banyak kesempatan kepada masyarakat untuk terlayani. Saat ini layanan akte kelahiran dengan klinik Aisyiah Pariaman sudah berjalan, akte kelahiran bisa langsung di bawa pulang, itu sebuah kemajuan. Begitu juga dengan puskesmas,” ujarnya.
Untuk kemudahan bagi lansia, Disdukcapil Padangpariaman menyiapkan antrian khusus dan saat ini sedang dipersiapkan instrumen untuk pelayanan bagi lansia.(efa)