Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) berusaha keras untuk memperbaiki pelayanan kesehatan kepada masyarakatnya. Salah satu buktinya, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Zein Painan, Kabupaten Pessel, terus bergerak untuk lebih maju pada bidang kesehatan. Caranya, dengan melengkapi semua sarana dan prasarana berupa alat medis, ruangan RS, tenaga SDM untuk administrasi-nya dan tenaga medis, dokter umum, bidan, perawat, dokter ahli/ spesialis berbagai macam penyakit. Semua ini, dilakukan untuk semata-mata memudahkan masyarakat, dalam mendapatkan pelayanan prima bagi kesehatan diri dan keluarganya. Hal itu dijelaskan dan ditegaskan Bupati Pessel, H. Hendra Joni, SH, MH.
Hendra Joni mengajak masyarakat Kabupaten Pessel di manapun berada, untuk memanfaatkan semua fasilitas kesehatan yang sudah ada. Mulai dari pustu, puskesmas dan rumah sakit yang ada sudah canggih dan modern ini, untuk mendapatkan pelayanan di bidang kesehatan yang lebih baik. Sehingga, semua warga mendapatkan haknya di bidang pelayanan kesehatan.
“Yang jelas, setiap masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, datanglah ke rumah sakit terdekat atau tempat praktek tenaga kesehatan yang ada. Jika sakit segeralah untuk berobat. Insya Allah, rumah sakit kita ini, juga memiliki fasilitas bangunan yang baik, SDM yang handal dan unggul,” ajaknya.
Direktur RSUD dr M Zein Painan, dr. H Sutarman MM, mengaku bangga dengan keberhasilan rumah sakit saat ini. “Kita sudah jadi rumah sakit rujukkan utama di daerah ini dan daerah sekitarnya. Semua ini berkat dukungan Bapak Bupati, H Hendra Joni, SH, MH dan dukungan DPRD Pessel dan masyarakat. Kami mengucapkan terimah kasih atas semua saran dan doanya selama ini, sehingga rumah sakit ini jadi tempat yang baik dan nyaman bagi warga berobat ke sini,” ungkapnya.
Sutarman menyebutkan, tingkat kunjungan setiap saat selalu naik dan hunian tempat tidur juga semakin meningkat. Warga yang berobat juga berasal dari Provinsi Bengkulu dan Provinsi Jambi.
“Alhamdulillah, kami siap selalu memberikan yang terbaik kepada semua masyarakat yang datang berobat di rumah sakit ini,” ujarnya.
Sutarman cukup berhasil memimpin rumah sakit ini. Semuanya berkat dukungan semua staf dan pegawai, juga tenaga medis di rumah sakit ini. “Jika saya sendiri mustahil bisa melayani semua pasien,” ujarnya dengan wajah bersahabat
Masih kata Sutarman, dalam pelayanan kesehatan di RSUD dr. M Zein Painan memiliki motto “Pencegahan Lebih Baik Daripada Pengobatan”. Visi rumah sakit ini “Memberikan Pelayanan Kesehatan yang Memenuhi Etik Profesi dan Melaksanakan Etik Rumah Sakit sesuai Dengan Peraturan yang Berlaku, dengan Kondisi Lingkungan yang Berorientasi kepada Kepentingan Pasien” .
Di mana keluaran dari pelayanan tersebut bagi pasien adalah efektif, efisien serta hak dilindungi dan kebutuhan terpenuhi. “Kepuasan pelayanan (pasien dan keluarganya) sebagai salah satu tujuan pelayanan,” kata Sutarman.(dul)