PADANG, METRO – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk melanjutkan komitmennya mendukung Pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas masyarakat melalui wirausaha atau entrepreneurship. Upaya untuk terus mengembangkan jiwa kewirausahaan terus didonkrak baik oleh pemerintah maupun berbagai pihak lainnya. Kali ini BNI merintis terobosan teranyar dan sangat menarik yaitu Program “Aku Saudagar Muda”.
Program Aku Saudagar Muda diciptakan untuk mencetak pengusaha-pengusaha muda sejak dini. Dalam hal ini, BNI mengajak para siswa dari berbagai sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Padang.
Program Aku Saudagar Muda terbaru digelar di Hotel Inna Muara Padang bersama Rumah Kreatif BUMN (RKB) Padang pada Selasa (19/02/2019). Hal itu untuk mengenal dan memahami dunia wirausaha sejak dini serta tumbuh menjadi pribadi yang kreatif.
Program “Aku Saudagar Muda” memang merupakan program belajar sekaligus praktek berjualan (reseller) bagi siswa SMA/SMK atau sederajat. Mereka akan menjual produk-produk milik pelaku usaha yang dibina dan dikembangkan RKB Padang.
Sebelum aktif menjadi reseller, para siswa sebelumnya mengikuti pelatihan dan pendampingan yang dilakukan langsung oleh para pelaku usaha melalui kelas “Inspirasi”, “Pengetahunan” dan “Keterampilan”.
Pada Kelas inspirasi para siswa diajak untuk mendapatkan sharing moment/pengalaman pelaku usaha dan suka duka dalam merintis dan menjalankan bisnis mereka. Terkait dengan teknik dan informasi mengenai produk-produk UKM, maka para siswa akan berdiskusi di dalam kelas Keterampilan. Di luar keterampilan yang dimiliki oleh pelaku usaha siswa pun akan diajarkan di Kelas Pengetahuan terkait dengan strategi pemasaran dan kemampuan negosiasi bisnis.
”Saat ini Indonesia membutuhkan jiwa muda dalam menggerakkan roda ekonomi dan usaha yang penuh dengan tantangan globalisasi. Sehingga jiwa dan rasa itu tentu harus ditumbuhkan sedari dini,”ungkap Drs. Barlius selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang dalam sambutannya.
Senada dengan hal tersebut selaku Pemimpin Kelompok Bisnis dan Channel di BNI Wilayah Padang, Yudi Indra A menjelaskan bahwa bagi generasi milenial kreativitas yang terlatih sejak dini menjadi modal utama kemandirian generasi muda pada saat dewasa.
Program semakin menarik tatkala siswa ditantang untuk melakukan penjualan dengan optimal. Selain dinilai dari sales volume, mereka dapat menggunakan media Instagram sebagai alat promosi (jualan online) dan informasi aktivitas mereka dengan BNI dan para pelaku UKM. Para siswa akan berkompetisi untuk memerebutkan 1 unit laptop untuk 1 pemenang terbaik, 3 smartphone untuk 3 pemenang unggulan dan 10 paket data selama 1 tahun untu 10 pemenang harapan.
Kami optimis akan mendapatkan hadiah tersebut. Dan saya rasa program ini sangat memotivasi kami untuk menjadi pengusaha dan hidup mandiri “pungkas Syaif siwa SMK 9 Padang dengan semangat, sambil masyuk dengan smartphonenya untuk mengaktivasi beberapa program – program digital BNI. (rel)