PEMUDA, METRO–Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Padang kini resmi berada di lantai IV Plaza Andalas (PA), yang sebelumnya berada di kompleks Pasar Raya Padang. Dengan diresmikannya MPP tersebut, Wako Padang Hendri Septa berharap dapat meningkatkan pelayanan publik Kota Padang menjadi lebih prima.
“Ini adalah upaya dari pemerintah kota Padang untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Kota Padang,” kata wako saat membuka secara resmi MPP, didampingi Kepala Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPSP) Kota Padang, Swesti Fanloni, Selasa (19/12).
Dia menyebut, pemindahan MPP Kota Padang ini yang semula berada di kompleks Pasar Raya hijrah ke Plaza Andalas adalah karena berkaca dari kota-kota besar lain yang lebih dahulu sudah mencontohkan.
“Ini berdasarkan pengalaman yang kami lihat di kota lain, seperti Kota Tangerang, dan Kota Bogor, mereka memiliki Mall Pelayanan Publik yang dekat dengan pusat-pusat keramaian, maka kita berdasarkan kerjasama yang sudah ada berinisiatif memindahkan MPP tersebut,” sambungnya.
Sementara itu, Wako Hendri Septa juga didampingi oleh Konsulat Amerika untuk Medan, Bernard Uadan, yang diajak untuk menyaksikan langsung peresmian MPP di Kota Padang, sehingga investor yang ada di Amerika dapat melirik Kota Padang sebagai tempat untuk berinvestasi.
“Dengan hadirnya beliau ke Kota Padang, saya berharap investornya dapat melirik Kota Padang, sehingga kita dapat melakukan kerjasama baik di bidang bisnis maupun bidang pendidikan,” kata wako.
Selain itu, Wako Hendri Septa juga berencana untuk membangun tower yang dapat digunakan sebagai kantor bersama yang memiliki pelayanan publik yang lengkap dan satu pintu, sehingga masyarakat menjadi lebih mudah.
“Meski agak berat kita membangunnya di tahun 2024, insyaallah saya berharap siapapun yang akan menjadi kepala daerah nanti bisa membangun tower ini,” katanya.
Sementara, Kepala Dinas DPMPSP, Swesti Fanloni, mengatakan bahwa di lantai empat Plaza Andalas ini, ada sebanyak 16 gerai pelayanan publik yang telah disiapkan, dan akan segera dioperasikan mulai dari bulan Januari mendatang.
“Secara bertahap kita akan berusaha secepatnya untuk menyiapkan segala sesuatu yang di perlukan disini, sehingga pada bulan Januari kita dapat mengoperasikan tempat ini sebagai MPP,” kata Swesti.
Selain itu, Swesti juga berharap kepada kepala OPD yang terlibat dalam penyelenggaraan pelayanan publik di sana, untuk segera menempati personel teknisnya agar dapat melayani masyarakat.
Terlebih dahulu, pihaknya akan menyiapkan jaringan internet, karena menurutnya, saat masyarakat mengurus perizinan berusaha berbasis sistem OSS melalui online sangat memerlukan jaringan internet yang memadai.
Selain itu, Manager Ramayana Padang, Alex Sandi, menyambut baik kehadiran MPP di Plaza Andalas, diharapkan dapat meningkatkan traffic kunjungan masyarakat ke Plaza Andalas.
“Dengan adanya kerja sama hadirnya Mal Pelayanan Publik ini di Plaza Andalas, kita berharap traffic kunjungan masyarakat ke Plaza Andalas dapat meningkatkan seperti tahun-tahun sebelum Covid-19, sehingga usaha yang dibuka di Plaza Andalas lebih berkembang lagi,” ucapnya. (brm)
