PADANGPARIAMAN, METRO – Untuk mendukung Nawacita pemerintah, yakni menghadirkan pemerintah di tengah masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman melakukan beberapa model pelayanan kepada masyarakat. Di antaranya, pelayanan langsung ke nagari, pelayanan melalui petugas register kependudukan nagari yang merupakan perpanjangan Disdukcapil untuk memperlancar pelayanan di nagari dan pelayanan ke sekolah-sekolah.
”Pelayanan ke sekolah-sekolah menjadi sasaran yang ditargetkan oleh dinas dapat meningkatkan efektifitas pelayanan oleh dinas,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman Muhammad Fadhly.
Pelayanan selama program pelayanan jemput bola telah meningkatkan 200 persen hasil pelayanan dalam bentuk dokumen dibanding tahun lalu. ”Terobosan-terobosan yang dilakukan selama tahun 2016 telah dapat meningkatkan pelayanan secara kuantitas dan secara langsung juga telah meningkatkan kepuasan masyarakat,” ujar Fadhly.
Terpisah, Bupati PadangPariaman H Ali Mukhni menyatakan konsen saat ini dengan merubah “image” pemerintah menjadi pelayan masyarakat, sangat mendukung program ini.
”Disdukcapil kita siapkan untuk itu. Dinas ini juga terbuka untuk pengaduan bagi masyarakat yang butuh pelayanan, apalagi terkait pungli, jangan enggan melaporkan. Tahun depan 2017, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus dengan program pelayanan langsung ke masyarakat. Ini tekad kami, mewujudkan pelayanan yang membahagiakan rakyat,” pungkasnya. (efa)