PADANG, METRO–Sebagaimana diekpose kepada publik sebelumnya, dimulai 25 Januari 2022 dan berakhir tanggal 31 Maret 2022, dengan catatan selama dana program tersedia, Bank Nagari meluncurkan program dalam rangka promo awal tahun 2022 dan HUT ke-60 Bank Nagari.
Ditujukan khusus bagi para pegawai dan pensiunan yang akan melakukan pembaharuan, realisasi baru ataupun yang memindahkan pinjamannya ke Bank Nagari. Promo khusus ini diberi nama Program “Loyalty Reward.”
Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari Muhamad Irsyad bersama Direktur Kredit dan Syariah Gusti Candra kepada awak media, Rabu (16/2) menyampaikan, promo Loyalty Reward merupakan persembahan Bank Nagari kepada pegawai dan pensiunan yang selama ini telah setia mempercayai Bank Nagari sebagai pilihannya dalam melakukan pinjaman.
“Promo juga ditujukan kepada pegawai dan pensiun yang baru akan meminjam di Bank Nagari dan yang akan memindahkan pinjamannya yang sedang berjalan di bank lain atau lembaga keuangan lain ke Bank Nagari,” kata M Irsyad.
M Irsyad menjelaskan, nilai Loyalty Reward yang akan diberikan sangat menarik. Bisa mencapai jutaan Rupiah, sesuai dengan berapa nilai bersih pencairan pinjamannya serta sesuai syarat dan ketentuan berlaku lainnya. Reward akan langsung masuk ke rekening debitur H+1 setelah realisasi kredit/pembiayaan.
“Program ini berlaku di seluruh Kantor Cabang dan Cabang Pembantu Bank Nagari, baik layanan konvensional ataupun syariah,” katanya.
Direktur Kredit dan Syariah Gusti Candra menambahkan, mengingat program ini bersifat racing, artinya siapa yang cepat maka dia yang dapat. Karena, anggaran promo dibatasi dan periode promo juga dibatasi. Sejak diluncurkan 25 Januari 2022 sampai dengan tanggal 15 Februari 2022, nasabah yang sudah memanfaatkan dan mendapatkan keberuntungan dari program promo ini mencapai 1.305 orang nasabah.
“Dengan total plafond pinjaman yang diperjanjikan mencapai Rp249,1 miliar. Karena animo dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat maka dalam tempo 13 hari kerja saja, dana program yang tersedia ludes. Penyebarannya juga cukup merata di seluruh wilayah di Sumatra Barat,” katanya.
Kata Gusti Candra, karena tingginya animo para pegawai dan pensiunan tersebut serta banyaknya daftar tunggu yang sangat berharap mendapatkan promo ini, Bank Nagari mengumumkan dan menegaskan bahwa terhitung Rabu (16/2) Bank Nagari memutuskan menambah pagu dana promo loyalty reward dengan batas periode tetap sampai dengan 31 Maret 2022 dan sepanjang dana program masih tersedia.
M Irsyad menginformasikan, berkaca kepada kondisi cepat habisnya pagu dana tahap pertama, maka diimbau kepada para pegawai dan pensiunan agar segera mendatangi Kantor Cabang atau Kantor Cabang Pembantu Bank Nagari terdekat untuk proses lebih lanjut. Atau menghubungi kontak person pegawai Bank Nagari yang akan melayani dengan ramah dan cepat.
Gusti Candra menyebut, di samping mendapatkan reward khusus awal tahun 2022 dan HUT Bank Nagari Ke-60, nasabah juga masih berkesempatan mendapatkan tingkat bunga atau margin (bagi hasil) yang rendah, ringan dan kompetitif. Karena kondisi ke depan bisa saja suku bunga/margin/bagi hasil tersebut naik sesuai dengan perkembangan berbagai indikator, baik nasional ataupun global.
“Bank Nagari dengan tangan terbuka akan memberikan pelayanan yang cepat dan bisa jemput bola dengan meminta staf Bank Nagari untuk datang ke instansi masing-masing, hal ini dapat dikoordinasikan,” kata Gusti Candra.
Direktur Keuangan Bank Nagari, Sania Putra menyampaikan, pada tahun 2022, Bank Nagari terus melakukan inovasi perkembangan digital. Salah satunya adalah perkembangan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Bank Nagari bisa melakukan transaksi di luar negeri seperti Malaysia dan Thailand.
“Untuk QRIS di luar negeri ini segera mungkin bisa kami selesaikan dalam triwulan pertama tahun 2022 sehingga nasabah yang menggunakan QRIS bisa bertransaksi di Malaysia dan Thailand tanpa harus menukarkan mata uang negara tersebut,” jelasnya.
Selain itu, untuk Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Nagari sudah menghadirkan aplikasi donasi untuk masjid dan musholla dengan menggunakan QRIS yang dibungkus 1 aplikasi dimana masyarakat dari manapun bisa berdonasi pada tempat ibadah yang diinginkan.
“Aplikasi tersebut kami beri nama Nagari Digital Masjid. Aplikasi ini sudah bisa didownload atau diunduh di Playstore,” ujarnya.
Dijelaskan, untuk menambah layanan kepada nasabah, pihaknya memperkuat layanan digital dengan meningkatkan beberapa fitur termasuk melakukan up-grade terhadap mobile banking dan Nagari Cash Management (NCM).
“Mudah-mudahan kedua up-grade fitur ini bisa diluncurkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Bank Nagari ke 60 tahun pada bulan Maret 2022 nanti,” katanya.
Sania mengungkapkan, nantinya akan banyak fitur-fitur baru dimana nasabah bisa melakukan transaksi sendiri baik untuk menambah rekening, memblokir kartu, transaksi-transaksi pembayaran seperti Dana, OVO, Gopay, dan lainnya.
“Harapannya adalah nasabah akan terlayani dan mendapatkan layanan-layanan yang baru dari Bank Nagari khususnya produk digitalnya,” ungkapnya.
Lebih lanjut Sania menjelaskan, beberapa waktu yang lalu pihaknya juga baru saja meluncurkan Nagari Call Center 150234. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk bagaimana memberikan kemudahan bagi seluruh nasabah Bank Nagari dalam mendapatkan informasi.
Sementara itu untuk layanan transaksi, Bank Nagari sudah mengembangkan ATM giro khususnya giro perorangan yang bisa melakukan penarikan melalui kartu ATM giro di mesin ATM Bank Nagari. Ke depan banyak lagi layanan digital yang terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah.
Selanjutnya, dalam rangka memperkuat sinergi dengan Pemda, Bank Nagari selalu memperluas layanan digitalnya melalui implementasi N-Retribusi, baik itu untuk pajak daerah, objek wisata, KIR kendaraan dan penerimaan daerah lainnya.
“Bank nagari siap untuk mengembangkan transaksi digital yang dibutuhkan Pemda dan dibekali dengan suatu dashboard aplikasi yang bisa dipantau secara realtime oleh pemangku kepentingan di dareah seperti kepala daerah dan OPD terkait,” tukasnya.(r)
